Gejala Penyakit Jantung Koroner dan Cara Mencegahnya

0
Penyakit jantung (iStock)

Penyakit jantung koroner merupakan penyakit jantung yang paling umum terjadi. Penyakit ini terjadi, ketika pasokan darah yang kaya oksigen menuju otot jantung terhambat oleh plak pada pembuluh darah jantung atau arteri koroner. Alhasil, jantung tak mendapatkan pasokan oksigen yang memadai. Penyakit jantung adalah penyakit nomor pertama penyebab kematian di Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Penyakit Jantung Koroner pada mulanya disebabkan oleh penumpukan lemak pada dinding dalam pembuluh darah jantung (pembuluh koroner). Hal ini lama kelamaan diikuti oleh berbagai proses seperti penimbunan jarinrangan ikat, perkapuran, pembekuan darah, dll. yang kesemuanya akan mempersempit atau menyumbat pembuluh darah tersebut. Hal ini akan mengakibatkan otot jantung di daerah tersebut mengalami kekurangan aliran darah. Akibat lainnya juga dapat menimbulkan berbagai akibat yang cukup serius, dari Angina Pectoris (nyeri dada) sampai Infark Jantung, yang dalam masyarakat di kenal dengan serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

Baca juga :

Nah, berikut ini ulas lebih mendalam mengenai penyakit jantung koroner, mulai dari penyebab, gejala hingga cara mencegahnya.
Banyak orang terlambat sadar akan bahaya dan risiko penyakit jantung koroner ini. Sehingga penanganannya pun terlambat. Beberapa kondisi orang yang berisiko terkena penyakit jantung koroner adalah malas berolahraga, menu makanan tidak sehat seperti banyak lemak, kebiasaan merokok, diabetes, hipertensi/darah tinggi, obesitas dan lainnya.

Jenis penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Pembagian ini sesuai dengan tingkat risiko dan penyebabnya. Jenis penyakit jantung koroner, yakni:

1. Angina, atau lebih dikenal dengan angin duduk
Ini terjadi akibat suplai darah terhambat atau terlalu lemah sehingga kinerja jantung menurun

2. Serangan jantung akibat berhenti berdetak
Ini biasanya diawali atau timbul komplikasi oleh beberapa penyebab, seperti gagal jantung dan syok kardiogenik karena otot jantung rusak permanen, lalu aritmia akibat detak jantung tidak normal (terlalu cepat bredetak) dan berisiko berhenti, serta jantung ruptur/retak akibat otot, dinding, atau katup jantung sudah retak.

Penyebab penyakit jantung koroner
Penimbunan lemak di dalam pembuluh darah ini dikenal dengan istilah aterosklerosis merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner. Berikut ini penyebab penyakit jantung koroner lainnya.

Kadar Kolesterol Total dan LDL tinggi

Kadar Kolesterol HDL rendah

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Merokok

Diabetes Mellitus

Kegemukan

Riwayat keturunan penyakit jantung dalam keluarga

Kurang olah raga

Stress

Menu makanan tidak sehat seperti banyak lemak

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang asin

Gejala penyakit jantung koroner

Share :

Komentar Facebook:

0 Komentar Blog:

CV Sinar Surya Suryandaru
DIRUT : SUJOKO
NPWP : 70.353.298.6-514.000
SIUP : 510.41/8.0261/PK/VI/2014
NOTARIS : Elizabeth Estiningsih, S.H
TDP : 1106.346.08698
SERVER : Otomax Ultimate Original